Saturday, August 29, 2015

Menggabungkan File Kontak .vcf kedalam satu file .vcf secara manual

Kontak pada perangkat handphone sangatlah penting, tanpa kontak kita harus mengingat nomor telepon semua orang yang kita kenal. hal tersebut tidaklah mungkin kita lakukan, sebagai contoh kita mempunyai 200 orang kenalan, dan kita harus mengingat nomor telepon dari masing - masing orang tersebut, sangat tidak mungkin. oleh karena itu kita membutuhkan layanan untuk menyimpan nomor kontak tersebut ke dalam perangkat handphone.

Seiring dengan perkembangan jaman terdapat beberapa cara untuk menyimpan kontak baik berupa online ataupun untuk handphone sebelum iPhone dan Android ada kontak tersebut di simpan dalam memori telepon, sedangkan pada iPhone dan Android terdapat layanan untuk dapat menyimpan kontak secara Cloud (online backup).

pada studi kasus kali ini adalah bagi anda yang ingin memindahkan kontak dari handphone lama yang penyimpanan kontak nya di simpan di dalam memori handphone ke handphone baru dan handphone lama tidak mempunyai fitur untuk melakukan backup kontak secara online. hal tersebut agak ribet menurut saya.

Pada Kasus kali ini tarolah anda telah berhasil memindahkan kontak yang terdapat pada handphone ke hardisk PC namun masing - masing kontak membentuk masing - masing file .vcf tersendiri, hal tersebut sangatlah sulit untuk kita pindahkan ke memori handphone baru, bayangkan apabila kita memiliki 200 kontak (200 file .vcf) maka kita harus memindahkan masing - masing file .vcf.

untuk menggabungkan file .vcf yang telah kita backup pada PC bisa di lakukan dengan hanya menggunakan Command Prompt (cmd) yang terdapat pada windows (minimal windows 7 karena saya mencobanya paling minimal pada windows 7). langkah langkah nya adalah :

Langkah 1. buka Command Prompt (cmd) pada windows Start -> ketik "cmd" (tanpa petik), atau dengan menekan tombol Windows + R kemudian ketik cmd dan tekan enter seperti pada gambar di bawah


Langkah 2. setelah Command Prompt terbuka maka arahkan ke folder kontak yang kita akan gabungkan dalam kasus saya kontak yang akan saya gabungkan berada pada folder d:\kontak seperti pada gambar di bawah 


Langkah 3. untuk menggabungkan semua file .vcf ke dalam satu file .vcf perintah nya adalah copy *.vcf all.vcf (nama file vcf yang telah di gabungkan dapat anda rubah sesuai dengan keinginan anda dengan merubah kata all dari perintah di atas sesuai dengan keinginan anda) seperti pada gambar di bawah ini.


dapat kita lihat pada gambar di atas pada kotak merah adalah perintah untuk menggabungkan semua file kontak .vcf sedangkan pada kotak kuning kita dapat lihat hasil dari penggabungan file .vcf di atas.

demikian tips kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment