Monday, September 15, 2014

Mengembalikan File yang di sembunyikan Virus pada Media Penyimpanan USB

Perkembangan Virus semakin hari semakin beragam dengan memanfaatkan celah - celah Sistem Operasi ataupun memanfaatkan beberapa perintah - perintah yang ada. contohnya seperti yang akan kita bahas, Virus ini bisa menyembunyikan File yang ada pada media penyimpanan USB dan membuat beberapa file shortcut yang biasanya berformat *.lnk yang di dalam nya terkandung perintah untuk menjalankan file *.exe yang ada pada media penyimpanan USB tersebut, dan setelah file *.exe tersebut di jalankan dan apabila PC maupun laptop anda tidak mempunyai anti virus  atau firewall yang bagusmaka komputer anda akan terinfeksi virus tersebut.

sedikit saran yang dapat saya berikan adalah dengan menonaktifkan autoplay yang ada pada windows kemudian buka explorer dan masuk ke menu Tool - Folder Option. setelah muncul dialog box maka klik tab View seperti pada gambar berikut :


Gambar 1. Folder Option

setelah dialog box folder option terbuka dan anda telah masuk pada tab view maka klik "Show hidden files, Folder, Drives", option tersebut akan menampilkan file - file yang tersembunyi pada media penyimpanan USB. kemudian klik OK.

setelah proses diatas maka kita akan melihat file - file yang tersembunyi dan biasanya file tersembunyi tersebut berwarna samar. kemudian apabila anda menemukan file berakhiran *.exe dan nama file tersebut mencurigakan atau nama file yang sepertinya di generate oleh kode komputer maka sudah di pastikan bahwa file exe tersebut lah virus yang nantinya di jalankan apabila file dokumen *.lnk yang kita bahas diatas. maka saran saya hapus file *.exe yang mencurigakan tersebut dan semua file - file *.lnk.

baiklah kita akan kembali ke pembahasan bagaimana mengembalikan file - file kita yang tersembunyi, caranya sebagai berikut :

1. klik start dan ketikan pada search box "cmd" tanpa petik kemudian klik kanan pilih Run As Administrator seperti pada gambar di bawah ini :


Gambar 2. Membuka Command Line

2. masuk ke drive media penyimpanan USB dalam laptop saya yaitu drive G. maka tinggal ketik g: kemudian enter maka akan masuk ke drive USB.
3. ketikan perintah "attrib -s -h /s /d *.*"

dari perintah - perintah tersebut diatas seharusnya file - file yang tersembunyi pada media penyimpanan USB akan kembali lagi normal atau tidak disembunyikan.

demikian yang dapat saya berikan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment